Selasa, 12 Oktober 2010

BAB V
P E N U T U P

A. Simpulan
Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di kelas X THP SMK Negeri 1 Dampal Selatan yang menggunakan metode the study group atau kelompok belajar, terdiri dari dua siklus. Siklus pertama telah memberikan hasil yang diharapkan, yakni meningkatnya minat cukup signifikan yang ditunjukkan oleh lembar observasi.
Namun hasil belajar tersebut yang berupa nilai masih terdapat kelompok yang belum mencapai target yang telah ditentukan, karena siswa masih belum terbiasa dengan kelompoknya.
Pelaksanaan siklus kedua telah memberikan minat dan hasil balajar yang sangat signifikan, hal ini karena adanya motivasi dari guru serta anggota dalam kelompok itu telah dapat berinteraksi dan bekerjasama dengan baik.

B. Saran
Sehubungan dengan penelitian yang telah dilakukan, maka Peneliti memberikan saran yang berkaitan dengan upaya peningkatan minat belajar bagi siswa sebaiknya menerapkan model pembelajaran the study group.
Pembagian kelompok hendaknya guru bersama siswa menentukan dan membagi anggota kelompoknya, hal ini dimaksudkan agar siswa dapat berinteraksi dan bekerjasama dengan cepat.